memahami-apa-itu-social-media-marketing-dan-cara-kerjanya

Memahami Apa Itu Social Media Marketing dan Cara Kerjanya

Perusahaan selalu mencoba untuk meningkatkan brand awareness dan traffic mereka dengan merambah marketing berbasis online. Tentu dengan masuk ke dalam dunia digital, perusahaan dituntut untuk menyusun strategi marketing online. Banyaknya pengguna internet saat ini membuat digital marketing menjadi cara ampuh untuk memasarkan produk. Salah satu caranya adalah social media marketing.

Sebelum melakukan social media marketing, diperlukan media sosial yang tepat untuk sebuah perusahaan. Lalu, apa itu social media marketing? 

Social media marketing merupakan pemasaran digital yang menggunakan media sosial untuk memasarkan produk atau jasa. Cara marketing ini dapat berinteraksi langsung dengan target audiens, menampung pertanyaan dan keluhan, mengumumkan produk dan layanan baru, mendapatkan feedback dan rekomendasi, serta membangun komunitas pelanggan.

Social media marketing akan menjalankan aktivitas marketingnya dengan membangun brand awareness, melibatkan pelanggan melalui konten yang diunggah dan meningkatkan konversi ROI (Return of Investment).

Pemilihan platform social media pun adalah hal penting. Cara menjangkau target audiens yang telah ditentukan tentu akan sesuai dengan social media yang digunakan. Digital marketing melalui social media marketing juga memerlukan analisis data yang kuat. Analisis data yang dilakukan, seperti analisis jangkauan engagement dan reach, target market, dan sebagainya. Lalu, apa hal penting yang perlu diperhatikan sebelum memulai social media marketing?

  • 1. Menyiapkan Strategi Marketing
  • Penting untuk menyiapkan strategi marketing sesuai dengan target audiens yang ingin dituju. Mengetahui demografi media sosial sangat penting dalam memilih social media yang akan digunakan. Perhatikan tujuan Anda saat memilih satu atau dua social media yang akan digunakan untuk pemasaran, apa platform tersebut tepat untuk produk dan jasa Anda. Bangun tujuan Anda, apakah ingin membangun brand awareness, atau ingin menjangkau lebih banyak audiens. Tentukan juga jenis konten apa yang ingin Anda bagikan. Cari tahu jenis konten yang paling banyak digunakan dan disukai oleh target audiens Anda.

  • 2. Membuat Perencanaan
  • Konsisten adalah hal yang perlu diperhatikan saat hendak menjalankan strategi marketing. Buatlah kalender konten atau jadwal posting sebagai bentuk perencanaan yang matang. Buat riset terkait waktu terbaik untuk posting. Hal ini penting jika perusahaan Anda baru memulai menerapkan social media marketing. Catat seberapa sering Anda harus memposting di platform social media yang telah ditentukan sehingga Anda bisa paham target audiens seperti apa yang paling aktif.

  • 3. Berinteraksi dengan Target Audiens
  • Saat social media Anda sudah mulai tumbuh dan berkembang, jangan lupa untuk berinteraksi dengan audiens Anda. Audiens akan mengirim pesan, mengomentari postingan, atau menandai akunmu. Jangan abaikan interaksi mereka di akun social media Anda. Kalau pendapat mereka terdengar seperti kritik negatif, Anda harus menanggapi dengan profesional. Begitu pula jika pesan yang masuk adalah umpan balik positif, Anda perlu menghargai feedback mereka. Tunjukan bahwa perusahaan Anda menghargai mereka dan pesan mereka.

  • 4. Melakukan Analisis
  • Analisis adalah bagian penting setelah Anda melakukan strategi dan perencanaan di dalam social media marketing. Hal ini memungkinkan Anda untuk meninjau seberapa baik kinerja postingan akun social media Anda. Perhatikan followers, reach, dan engagement dari keseluruhan postingan dan akun Anda. Insight tersebut dapat membantu perusahaan dan bisnis Anda semakin berkembang dan bergerak maju. Dengan analisis strategi social media marketing yang tepat, maka Anda bisa tahu apakah yang Anda lakukan sudah tepat atau belum.

    Hampir semua orang menggunakan social media. Hal ini pun menunjukkan bagaimana peran social media terhadap kehidupan orang-orang. Dengan social media, digital marketing akan jadi jauh lebih ampuh. Ada beberapa manfaat yang bisa menjadi alasan mengapa social media marketing menjadi hal yang penting, yaitu: 

  • 1. Menambah Brand Awareness
  • Secara tidak sadar, masyarakat akan perlahan-lahan memperhatikan merk dari sebuah perusahaan yang aktif di social media. Sebuah produk akan semakin terkenal ketika keberadaannya di social media terus-menerus terlihat. Social media yang setiap harinya dikonsumsi oleh sebagian besar orang, membuat apapun yang ada di dalamnya menjadi mudah diingat. Audiens dapat melihat-lihat produk atau jasa yang ditawarkan, kemudian produk atau jasa tersebut akan mulai dianggap ada dan diingat oleh audiens.

  • 2. Mendapatkan Feedback dari Audiens
  • Social media marketing memiliki sesuatu daya tarik yang tidak dimiliki marketing jenis lain, yaitu adalah pemberian feedback yang mudah. Anda dapat melihat langsung bagaimana audiens berinteraksi dengan konten di social media Anda, misalnya dengan memberikan like atau mengikuti akun. Ditambah lagi dengan fitur komentar, audiens dapat memberikan pendapatnya soal produk yang ditawarkan atau cara Anda memasarkan produk. Bagi perusahaan, hal ini dapat digunakan untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan dari produk atau strategi marketing yang sedang dijalani. 

  • 3. Mengetahui Strategi Kompetitor
  • Dengan social media marketing, anda dapat mengetahui bagaimana kompetitor Anda menjalani strateginya di social media. Hal ini terjadi karena social media marketing sekarang marak digunakan oleh perusahaan untuk memasarkan produk. Dengan aktif di social media, strategi yang dilakukan oleh kompetitor bisa jadi bahan evaluasi dan pembelajaran. 

    Saatnya Anda memaksimalkan produk dan jasa yang ditawarkan perusahaan Anda melalui social media. Serahkan sosial media marketing Anda pada kami. North Creative Agency merupakan Social Media Agency yang terletak di Jakarta Utara. Kami dapat membantu Anda mengelola media sosial perusahaan Anda dengan baik dan menggunakan strategi yang tepat. 

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.

    ×